Tuesday 9 September 2014

Upgrade RAM (Random Access Memory)


Siapa yang tidak ingin memiliki komputer canggih? Hampir semua pengguna komputer atau pun laptop, selalu ingin merasakan optimalisasi dari kinerja device yang ia miliki. Lalu apakah dengan harga laptop yang terjangkau bisa memberikan performa yang dibutuhkan?

Salah satu parameter sebuah device dikatakan komputer canggih adalah dengan spesifikasi RAM (Random Access Memory). Seperti namanya, RAM atau Memory merupakan perangkat komputer yang berfungsi untuk menyimpan data yang diakses oleh Prosessor (CPU-Central Proccessing Unit). Data dalam RAM bisa diakses secara acak dengan kecepatan yang sama, sehingga disebut random atau secara harfiah adalah acak.

Data-data yang tersimpan dalam RAM bersifat sementara, karena data tersebut hanya akan ada jika listrik pada komputer tersebut menyala dan akan hilang jika komputer dimatikan.

Jenis RAM saat ini yang sudah banyak digunakan jenis DDR3 atau DDR2. Sebelumnya pada tahun 2002, masih banyak yang menggunakan Single Data Rate (SDR/SDRAM), tetapi berkembangnya teknologi demi komputer, akhirnya berganti oleh Double Data Rate (DDR) yang kian berkembang sampai DDR3 saat ini. DDR secara teori mampu melakukan transfer rate 2 kali lebih cepat dari pada SDRAM. Sehingga sangat memungkinkan apabila komputer canggih itu dapat dilihat dari seberapa cepat komputer atau laptop tersebut mentransfer data dengan melihat RAM yang ia pakai.

Penambahan Memory atau RAM biasanya akan berpengaruh untuk meningkatkan performa komputer secara signifikan. Namun penambahan RAM pada sebuah perangkat komputer harus diperiksa kemampuan tampung komputer atau laptop tersebut.

Untuk laptop Acer, upgrading RAM sangat mungkin untuk dilakukan. Namun perlu diketahui bahwa, melakukan upgrading memory/RAM sendiri atau melalui pihak ketiga bisa menyebabkan warranty void atau hangusnya garansi dari vendor. Acer termasuk perusahaan yang menerapkan kebijakan tersebut.

Lalu bagaimana dengan biayanya?chekidot... (*harga sewaktu - waktu berubah, data dimaksudkan hanya sebagai acuan)

Langsung saja klik untuk mengecek daftar lengkap produk dan harga 



No comments:

Post a Comment

komentarlah dengan bijak, sesuai konten, no spam, dan tidak tinggalkan link aktif, thanks for reading :)